Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Mahasiswa Asing Belajar Bertani Kopi

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) mengadakan kegiatan Summer Camp bagi mahasiswa Indonesia dan mahasisw...



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) mengadakan kegiatan Summer Camp bagi mahasiswa Indonesia dan mahasiswa internasional. Acara yang dibuka oleh Ketua STIKes MP Sri Yulia, M.Kep ini dilaksanakan selama 10 hari, 1 – 10 Agustus 2018.  Beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah mengirimkan mahasiswa internasionalnya untuk mengikuti kegiatan ini, di antaranya: Unmuh Jakarta, Unmuh Palembang, Unmuh Banjarmasin, dan STIKes Muhammadiyah Pringsewu. Mahasiswa internasional yang hadir di antaranya dari Qatar dan Thailand. Acara Pembukaan dihadiri oleh para pimpinan STIKes MP, Ketua PWM Sumsel, Prof. Romli, Ketua BPH STIKes Abu Hanifah, Ketua Asosiasi KUI PTM Endang Zakaria, Warek 3 UMP Dr. Ir. Mukhtaruddin Muchsiri, dan Ketua KUI UMP Rini Susanti, MA.

Menurut Sri Yulia, kegiatan Summer Camp ini sangat strategis bagi STIKes MP sebagai upaya internasionalisasi dan meningkatkan akreditasi perguruan tinggi. Dengan acara seperti ini, menurutnya para mahasiswa dari berbagai negara dapat mengenal budaya serta tradisi yang beragam. "Kegiatan ini sangat membantu STIKes MP dalam mengenalkan, mempromosikan, dan menggairahkan kembali pariwisata di Sumsel. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat menambah wawasan semua pihak. Summer Camp ini merupakan salah satu kegiatan mahasiswa tentang pencapaian kualitas hidup petani Teh dan Kopi di kawasan gunung Dempo, dan juga memperkenalkan makanan khas dan budaya palembang sehingga dapat berkontribusi dalam menggalang penguatan kerjasama internasional, khususnya di wilayah ASEAN dan belahan benua lainnya, serta mendukung pilar komunitas ASEAN melalui perkembangan budaya dan Pariwisata," ujar Sri Yulia.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) STIKes MP ini dilaksanakan di Kota Pagar Alam - Sumsel. Menurut Ketua KUI STIKes MP Suzana, ada 4 lokasi yang akan dikunjungi peserta Summer Camp 2018, yaitu Limas House Palembang, Air Terjun Megalith Lahat, kebun teh dan kopi Pagar Alam. Ketua PWM Sumsel, Prof. Dr. Romli menyambut baik kegiatan Summer Camp yang pertama kali ini yang bertujuan untuk mempromosikan budaya dan potensi kekayaan alam di pagar alam ke mancanegara. Sementara itu, Ketua Asosiasi KUI PTM menyampaikan bahwa kegiatan Summer Camp ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa nasional dan internasional untuk belajar di lapangan bagaimana cara berkebun teh dan kopi serta mengolahnya, dan ini akan menjadi pengalaman yang tidak mereka temukan di negara mereka.

Saat melakukan kegiatan memetik daun teh di Perkebunan Teh Wilayah PTPN 7 - Desa Talang Darat Pagaralam, mahasiswa tampak senang dan menunjukkan keingintahuan yang tinggi dalam mengikuti cara menanam dan mengolah daun teh. Seorang peserta, mahasiswi UMJ asal Thailand, Madeena Dalai mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman pertama baginya yang tidak ia dapatkan di bangku kuliah secara formal. "I can learn more how to pick and process the tea leaf from this program. This is very memorable experience to me", kata Madeena gembira.

Penulis: Endang Zakaria | Ketua ASKUI PTM