Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

287 Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Palembang Ikuti Kepanitraan dan Angkat Janji

  STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) gelar acara Kepanitraan dan Angkat Janji, untuk Program Studi S1 Keperawatan, DIII Keperawata...

 STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) gelar acara Kepanitraan dan Angkat Janji, untuk Program Studi S1 Keperawatan, DIII Keperawatan, dan DIII Kebidanan. Praktek Klinik tersebut diikuti 287 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa  Program Studi  S1 Keperawatan sebanyak 136 mahasiswa, DIII Keperawatan 60 mahasiswa dan DIII Kebidanan 91 mahasiswa. Acara tersebut dilaksanakan, Rabu (25/4) bertempat di Aula STIKes MP. Acara ini merupakan tahap awal mahasiswa praktek klinik di RS, Puskesmas, dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan PWM Sumsel, Kopertis Wilayah II, Dinkes Provinsi Sumsel, Ketua PPNI Palembang dan Sumsel, Ketua IBI Palembang dan Sumsel, serta perwakilan dari 6 Rumah Sakit lahan praktek, yang terdiri dari RS Muhammadiyah Palembang, RS Kusta Dr. Rivai Abdullah Palembang, RSUD Palembang Bari, RS Ak Gani Palembang, RS Ernaldi Bahar Palembang, dan RS Pusri Palembang.

Dalam sambutannya Ketua STIKes MP Sri Yulia SKp Mkep mengatakan Praktek Klinik Keperawatan dan Kebidanan merupakan suatu kegiatan yang dirancang untuk memberikan keterampilan atau skill dan pengalaman kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan pasien, keluarga pasien maupun dengan sejawat yang ada di RS atau lahan praktek dan diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman melaksanakan praktek dengan benar, terarah dan terencana sesuai dengan prinsip dan etika profesi keperawatan serta etika profesi kebidanan.

“Praktek klinik merupakan salah satu upaya STIKes MP dalam pelaksanaan proses pendidikan yang berkualitas di lapangan yaitu RS/BPS dan fasilitas pelayanan kesehatan lain, melalui pencapaian kompetensi profesional dan islami secara nasional dan global. Hal ini merupakan rangkaian proses pembelajaran  di program studi S1 Keperawatan, DIII Keperawatan, DIII Kebidanan STIKes Muhammadiyah Palembang yang terdiri dari teori di kelas, praktikum di laboratorium,” ujar Sri Yulia.

Sejak Agustus 2014 telah Akreditasi Institusi Badan Akreditasi Nasional PT dengan predikat Baik (B) serta Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan, DIII Fisioterapi, DIII Keperawatan, DIII Kebidanan,  dan Prodi SI Keperawatan & Program Ners juga Terakreditasi B oleh BAN PT & LAMPTKes.  Sedangkan Prodi yang baru Sarjana Terapan (DIV) Teknologi Laboratorium Medis, yang saat ini semua prodi sedang dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru TA. 2018/2019.

Dengan Praktek Klinik tersebut diharapkan mahasiswa dapat menggali pengalaman  melalui praktik kinik dan  mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang didapat dengan praktek langsung di lapangan/lahan praktek, dengan melakukan pelayanan kesehatan  serta meningkatkan peran serta sebagai tenaga kesehatan di dalam menanggulangi kasus-kasus kesehatan (105/adv).
Sumber : Google News Indonesia | Koranmu Sumsel